Selasa, 19 Juli 2016

Lelaki Yang Salah

Pernahkah kita menghianati atau dihianati dalam hal urusan cinta-mecinta? Kumpulan cerpen karya Lan Fang ini setidaknya menurutku berisi tentang hal-hal yang berkaitan erat dengan pengingkaran dan penghianatan. Kumpulan cerpen ini kalo bagiku sendiri menggabarkan(maaf); ke-bajingan-nya laki-laki, dan ke-goblok-an perempun.(maaf lagi). Setidaknya begitu hasil komentar dari seorang temenku yang setelah membaca karya ini sadar bahwa lelaki yang selam ini dia cintai sebenarnya adalah lelaki yang salah. Setelah membaca buku ini dia lebih memanfaatkan unsur kognitifnya.

Secara inplisit dalam cerpen ini juga dijabarkan betapa cinta yang indah itu membawa sebuah pisau tajam dibalik sayap-sayap cintanya. Wajah indah dari cinta kadang membuat kita kehilangan rasionalitas sehingga kurang waspada pada tajamnya pisau cinta itu. Cerita-cerita pendek dalam buku ini semuanya memaparkan bahwa penderitaan yang dialami oleh para tokohnya tak lain adalah karena nalar dikesampingkan jauh-jauh, perasaan yang muncul tidak diimbangi dengan bekerjanya nalar secara optimal.

Feminim, gak tau apa kata itu tepat untuk menggambarkan kesimpulanku akan buku ini, perempuan adalah mahluk indah yang terlalu sayang untuk dikotori dengan tindakan yang merendahkan mereka. Di beberapa cerita ada penjelasan atau cerita tentang betapa perempuan sebenarnya mempunyai hak yang sama dalam bidang kemanusiaan. Hak itulah yang sering dilupakan bahkan tidak dianggap(mungkin) oleh lelaki.

Akhir kata, wahai kaum lelaki: Semoga kita bukun termasuk Lelaki yang salah. N bagi kaum perempuan: Mikir dunk!!!!!Gunakan akal kalian, jangan mau direndahkan oleh kaum lelaki dengan segala keculasan dan keangkuhannya.!  

Jember, 03 Juni 2008

Lelaki yang salah documentation

Judul : Lelaki yang Salah
Pengarang : Lan Fang
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Harga: kalo gak salah +/- 35000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar