Selasa, 19 Juli 2016

Sehat Itu Murah





Jember, 12 Juni 2008
 
Beberapa hari yang lalu kaka iparku sempat dirawat di Rumahsakit karena terdiagnosa gejala Demam Berdarah. Dari pengalaman dia waktu di rawat di rs yang selalu menjadi perhatian selain dari kesehatan adalah harga dari yang disebut kesehatan yang selalu mahal. Katanya.
Sudah menjadi rahasia umum kalo ongkos sembuh dari sakit/kurang enak badan mahal dan untuk beberpa penyakit sangat mahal. Sebut saja dari flu, jantung hingga stroke. Apapun jenis penyakitnya akan membutuhkan dana untuk memulihkannya. 

Dr. hendrawan Nadesul, seorang pakar kesehatan di negeri ini menulis buku cerdas ini “ Sehat itu Murah”. Hah, Murah? Mungkin itu yang menjadi pertanyaan awal ketika membaca judul buku ini. Mungkinkah sehat itu murah? Harga obat dan perawatan semakin naik kok bisa dibilang murah!.
Eitsss, tunggu dulu. Kalian tentu ingat selogan kira2:“mencegah lebih baik daripada mengobati”. Ya, lewat buku ini dengan sangat jelas dan mudah dicerna Dr Hendrawan mengungkapkan bahwa mahalnya biaya yang bakalan ditanggung saat sakit tidak perlu harus jad mahal kalo dari awal kita sudah bergaya hidup sehat.

Ya, dengan menjaga kesehatan sedari awal besar kemungkinan kita bisa menghindari mahalnya biaya pengobatan. Buku ini menyajikan beberpa bab yang mesti dibaca kesulurahannya. Pada awal bab, sang dokter mengatakan bahwa kesehatan merupakan sebuah modal investasi yang Tuhan berikan kepada semua mahluknya. Modal itul terserah kita mau diapakan. Jawaban yang bijak adalah mungkin dengan meng-investasikan modal tersebut, investasi dalam arti bersyukur, bersyukur maknanya adalah mengelola modal tersebut sebaik-baiknya, dengan jalan tidak merusak dengan jalan menggunkannya secara bijak pula. Dengan strategi investasi yang baik maka akan kita sadari bahwa sehat itu murah.

Di bab-bab selanjutnya Dr Hendrawan Nadesul, banyak mengungkapkan fakta yang mendukung bahwa sehat itu murah. Fakta-fakta tersbut antara lain menyebutkan betapa seringnya kita membayar yang tak perlu dibayar, dengan langkah sederhana seperti mengatur pola makan, olah raga teratur dan hidup harmonis kita bisa menghindari membayar mahalnya ongkos untuk sehat. Bahkan, dengan langkah sederhana seperti membiasakan sikap hidup bersih dan sehat kita bisa terhindar dari aneka ragam penyakit yang menakutkan saja. Sebut saja sebagai contoh sikap rajin membersihkan/membasuh tangan dengan benar maka besar kemungkinan kita terhindar dari penyakit seperti diare bahkan SARS.

Nah, secara pribadi buku ini sehat sekali untuk dibaca. Sebuah langkah sederhana dan murah untuk sehat. Tapi tanpa disiplin dan pengertian yang benar maka buku ini akan tinggal sebendel kertas tak berarti. So. Mari kita belajar hidup lebih sehat.

---Sehat Itu Murah—Documentation---
Judul : Sehat Itu Murah
Pengarang : Dr. Hendrawan Nadesul
Penerbit : PT Kompas Media Nusantara
Halaman : xxiv+272 hlm
Harga : +/- Rp. 50ribuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar