Selasa, 06 November 2012

Aku Masih Sangat Hafal Nyanyian Itu

Oleh KH. A. Mustofa Bisri (Gus Mus)

Aku masih sangat hafal nyanyian itu
Nyanyian kesayangan dan hafalan kita
bersama
Sejak kita di sekolah rakyat
Kita berebut lebih dulu
menyanyikannya
Ketika anak-anak disuruh
Menyanyi di depan klas
satu-persatu
Aku masih ingat betapa kita gembira
Saat guru kita mengajak
menyanyikan lagu itu
bersama-sama
Sudah lama sekali
Pergaulan sudah tidak
seakrab dulu
Masing-masing sudah terseret kepentingannya sendiri
Atau
tersihir pesona dunia
Dan kau kini entah di mana
Tapi aku masih sangat
hafal nyanyian itu, sayang
Hari ini ingin sekali aku menyanyikannya
kembali
Bersamamu 
 
Indonesia tanah air beta 
Pusaka abadi nan jaya 
Indonesia sejak dulu kala 
Slalu dipuja-puja bangsa 
Disana tempat lahir beta 
Dibuai dibesarkan bunda 
Tempat berlindung di hari tua
Sampai akhir menutup mata

Aku merindukan rasa haru dan iba
Di tengah kobaran kebencian dan dendam serta maraknya rasa tega
Hingga kini ada saja yang mengubah lirik lagu kesayangan kita itu
Dan menyanyikannya dengan nada sendu :
  
Indonesia tanah air mata 
Bahagia menjadi nestapara 
Indonesia kini tiba-tiba 
Slalu dihina-hina bangsa 
Disana banyak orang lupa 
Dibuai kepentingan dunia 
Tempat bertarung berebut kuasa  
Sampai entah kapan akhirnya

Sayang,
dimanakah kini engkau
Mungkinkah kita bias bernyanyi kembali
lagu kesayangan kita dulu
Dengan akrab seperti dulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar