Kamis, 08 November 2012

Taegukgi

Sudah lama gak nonton film perang, kerinduan itu mengarahkanku untuk menikmati Taegukgi, sebuah film lama (2004) yang cukup bisa disandingkan dengan saving private ryan atau band of brothers (sori kalo kelebihan). So berikut sedikit oleh2 dari hasil nontonku.
Tahun 1950an, dunia mencatat dalam sejarahnya peang saudara antara korea utara dengan korea selatan. Perang dimanapun dan kapanpun pasti akan meninggalkan korban. Begitu juga dalam film ini, Taegukgi. Film ini berlatar belakang perang korea utara dan korea selatan. Kalo pernah nonton saving private ryan mungkin ini adalah versi asianya, bukan dari ceritanya tapi dari kedahsyatannya. Sutradara film ini, Kang Je-gyu. Menampilkan salah satu akibat dari perang korea terhadap persaudaraan diantara Jin tae dan jin seok.

Plot
Film ini diawali dengan menampilkan sekelompok tim forensik yang melakukan penggalian disekitar wilayah perang korea. Secara detail film ini mengisahkan dua bersaudara Jin tae (Jang Dong-gun) dan Jin Seok (Won Bin) dalam menghadapi perang korea. Jin Tae bekerja sebagai tukang semir dan tukang sepatu yang uangnya digunakan agar adiknya, Jin Seok dapat kuliah dan menaikkan martabat keluarga. Mereka berhubungan baik dengan Yong Seok, Young-shin tunangan Jin Tae, serta tinggal dengan ibunya untuk mengelola sebuah warung mie. Namun, kehidupan bahagia mereka berakhir ketika pada tanggal 25 juni 1950 korea utara menginvansi korea selatan.
Peristiwa ini membuat adanya wajib militer bagi laki-laki usia 18 tahun ke-atas. Maka, dua bersaudara ini tak luput dari kewajiban ini. Sebenarnya Jin Tae lolos dari wajib militer ini, tetapi ketika dia menemukan adiknya yang menderita penyakit jantung sudah dibawah paksa oleh pemerintahan, dia mencoba menyelamatkannya dan gagal, akhirnya mereka ikut wajib militer.
DI medan pertempuran, Jin Tae membuat kesepakatan kepada komandannya untuk memulangkan adiknya, komandannya menyanggupi hanya jika Jin Tae bisa dapat medali. Demi sang adik, Jin Tae pun menawarkan diri sebagai sukarelawan yang ditugaskan untuk misi-misi berbahaya. Dari misi-misi berbahaya ini ini akhirnya Jin Tae dipromosikan menjadi sersan, karir Jin Tae semaik meningkat, semua tindakan dia lakukan untuk dapat memulangkan adiknya, sampai suatu saat ketika menyerbu pyongyang Jin Tae berhasil menangkap pemimpin korea utara, tapi hal ini harus dibayar mahal karena dia mengorbankan teman karibnya, Yong-man. Hal ini semakin membuat adiknya semakin ragu kepada Jin Tae, apa motif sesungguhnya Jin tae mendapatkan medali, apakah untuk dirinya sendiri atau menyelamatkan adiknya.
JinTae pun berubah dari seorang pemberani menjadi orang yang bengis tanpa jiwa pengampun. Kepercayaan Jin Seok akan kakanya kembali memuncak ketika pada suatu saat tunangan Jin Tae, Young-shin dituduh komunis, terlihat sangat bahwa Jin tae ragu-ragu dan cenderung tidak percaya untuk membela tunangannya, untuk membebaskan Young-shing ini mereka harus memberontak negaranya sendiri, young-shin mati dan mereka dituduh komunis juga. Jin tae pingin untuk membebaskan adiknya dari tuduhan ini, tapi pemerintahan tidak percaya pada Jin Tae, saat itu bersamaan dengan serbuan dari korea utara  dan Jin-Seok ada dalam gudang yang terbakar oleh serangan itu. Jin Tae pun mengira Jin-seok sudah meninggal, namun Ji seok sebenarnya terselamatkan dan dirawat di rumah sakit.
Jin Tae yang kecewa terhadap korea selatan berbalik arah menjadi pembela korea utara dengan menjadi pemimpin pasukan bendera, yang terkenal pemberani. Jin-seok pun tertarik untuk ikut dalam usahanya menyadarkan Jin Tae, namun dalam kondisi perang dan kalap Jin Tae tidak mengenali adiknya sendiri, mereka terlibat dalam pertarungan sengit namun akhirnya Jin Tae sadar mengenali adiknya sendiri. Diakhir kisah Jin Tae menyuruh adiknya untuk segera meninggalkan medan pertempuran dan dia melindungi adiknya dari serangan akhirnya dia pun meninggal dunia.
Sedikit semacam Renungan Perang dimanapun akan menelan banyak korban, jiwa, harta benda dan tentunya kehidupan. Secara gamblang film ini menggambarkan dampak-dampak negatif dari sebuah peperangan. Bagaimana perang bisa mengubah sifat orang, bagaimana perang bisa dengan begitu kejamnya menghancurkan kehidupan sebuah keluarga, membutakan mata hati dan akhirnya meruntuhkan nilai-nilai kemanusiaan itu sendiri.
Jin Tae dan Jin Seok adalah gambaran dimana persaudaraan yang dibangun dengan rasa keterpecayaan akan mampu menahan gempuran dari perang manapun, sedikit saja rasa percaya pudar diantara kita dan saudara kita, maka yakinlah dalam hitungan sekejap persaudaraan akan hancur. Dan kepercayaan itu hanya bisa ditimbulkan dari keterbukaan dan kejujuran.

cak S, 10 Juli 2008
--Taegukgi Documentation—
Directed by Kang Je-gyu
Produced by Seong-hun Lee
Written by Kang Je-gyu
Starring Jang Dong-gun
             Won Bin
Music by Dong-jun Lee
Cinematography Kyung-Pyo Hong
Editing by Kyeong-hie Choi
Distributed by Showbox
Release date(s) February 6, 2004 (South Korea)
Running time 148 min.(longer version)
Language Korean
Budget $12,800,000

Source: hasil nonton taegukgi, wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar